Cara Agar Blog Muncul Di Pencarian Google

Menjadi seorang blogger tidak semudah apa yang dibayangkan, iya sih kalau kita melihat penghasilan para blogger sukses kita akan tercengang dengan jumlahnya.

Mulai dari jutaan sampai puluhan juta bahkan ratusan juta perbulan hanya dari kegiatannya mengelola blog.

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses kita dituntun untuk bekerja keras dan sabar, pasalnya banyak sekali yang harus kita pelajari apalagi jika kita seorang blogger pemula.

Salah satunya adalah mencari cara agar blog muncul di pencarian google.

Dan kalian tepat sekali menemukan postingan ini, karena kita akan mempelajari mulai dari awal, sampai blog atau postingan kita muncul di pencarian google berdasarkan pengalaman pribadi.

Dengan terlihatnya blog kita di pencarian google akan memudahkan calon visitor untuk klik judul postingan kita dan melihat isi blog kita.

Namun yang perlu kita garis bawahi disini adalah blog kita tidak akan langsung muncul di halaman pertama google atau muncul di pencarian paling atas, karena google memiliki algoritma yang tidak seorangpun tahu bagaimana cara google bekerja.

Kalau ada orang yang berbicara bahwa dia tahu seperti apa algoritma google, sebenarnya yang dia tahu bukan algoritmanya namun hanya sebatas ilmu SEO, karena google sendiri setiap hari mengupdate algoritmanya untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. (Sumber dari Google ketika ada pertemuan antar blogger).

Kembali ke topik pembahasan

Berdasarkan pengalaman, blog atau postingan kita bisa muncul di pencarian google dalam hitungan menit.

Saya biasa mempraktekannya, dan kurang dari 5 menit postingan saya sudah muncul di pencarian google, namun seperti yang saya tulis diatas, postingan kita tidak langsung ke page one atau halaman pertama google karena semuanya itu butuh proses dan waktu yang tidak sebentar.

Ayo kita bahas langkah-langkahnya.

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google

1. Buatlah Artikel minimal 500 kata

Buatlah konten yang berbeda dengan blogger lainnya, semakin banyak kata dalam artikel maka akan membuat google menganggap konten tersebut lengkap dan kemudian memudahkan konten tersebut terlihat di hasil pencarian google.

Dan tahun ini 2019, mungkin 500 kata tidak akan cukup karena saya sudah riset dan alhasil blog-blog yang muncul di pencarian paling atas rata-rata artikelnya lebih dari 1000 kata.

Bahkan hampir menyentuh angka 4000 kata, jadi kita yang berniat dari awal untuk menyaingi blog-blog tersebut kita harus bisa membuat artikel yang lebih lengkap dari blog tersebut.

Terus bagaimana solusinya?

ya kita harus bisa menulis dan membuat sebuah artikel lebih dari 4000 kata dalam artikel kita,

apakah kita sanggup?

Untungnya blog-blog besar tersebut biasanya tidak update artikel setiap hari, ini adalah celah bagi kita, jika kita tidak sanggup menulis artikel yang panjangnya melebihi blog-blog tersebut kita bisa membuat artikel yang sama dan kita pisahkan dalam beberapa artikel yang saling berkaitan, kemudian kita posting artikel setiap hari minimal 2-3 artikel sudah cukup.

Langkah ini akan membuat blog kita terlihat aktif oleh google dan lebih memudahkan google untuk merekomendasikan blog kita di mesin pencari.

2. Konten adalah Raja

Pernah mendengar kalimat tersebut?

Tidak salah dengan kalimat tersebut, namun menurut saya kalimat itu sedikit menjebak karena kita hanya berpikir konten dan konten, yang tepat adalah Visitor adalah Raja.

Kita buat konten untuk visitor kan? Jadi buatlah konten yang ramah dengan visitor dan dapat dibaca dengan baik.

Itu adalah langkah minimal untuk bisa menarik visitor, langkah selanjutnya buatlah konten yang shareable, atau memungkinkan untuk bisa dibagi atau share.

Jika konten yang kita buat disukai oleh orang dan dishare kemana-mana maka sudah bisa dikatakan konten kita bermanfaat, namun juga tetap perhatikan dalam membuat konten kita harus menjaga informasi yang kita sampaikan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Saya sering melihat conten creator yang ditangkap dan dipenjara karena membuat konten hoax dan menebarkan berita palsu hanya demi menarik visitor atau viewer.

Kita tidak maukan hanya demi menarik visitor tapi berujung pada penjara?

3. Riset Keyword

Sebelum membuat postingan atau artikel kita harus melakukan riset keyword atau kata kunci terlebih dahulu.

Kenapa riset keyword ini penting? karena kita akan tahu apakah artikel yang akan kita buat nanti ada yang mencari dan membutuhkannya atau tidak.

Percuma dong, kita menulis artikel namun tidak ada yang mencari atau membutuhkannya.

Cara riset keyword sendiri sudah saya tuliskan di postingan saya berikut ini, silakan baca terlebih dahulu kemudian pahami dan praktekkan.

Baca Juga : Cara Mudah Riset Keyword

4. Submit Artikel di Google Search Console

Google Search Consol dulu namanya adalah Webmaster Tool atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah alat webmaster.

Sebelum submit artikel di google search console kita perlu mendaftar telebih dahulu.

Caranya :

  • Klik https://search.google.com/search-console?
  • Daftarkan blog kalian disana, dengan memilih salah satu properti yaitu mendaftarkan domain atau Awalan URL.
  • Jika kalian memilih properti domain, maka kita harus menyetting dns domain kita dan diarahkan ke google search dengan mengikuti langkah-langkahnya, kecuali kita menggunakan platform blogger, biasanya akan otomatis terdeteksi oleh google.
  • Jika memlilih Awalan URL maka kita perlu menyiapkan beberapa kode untuk di pastekan di blog kita salah satunya menaruh kode yang akan kita dapat di tema blog kita antara kode html <head> </head>
  • Namun jika kalian menggunakan domain custom TLD yang dibeli melalui google domain, maka google akan memverifikasikannya secara otomatis baik kita memilih properti Domain ataupun Awalan URL.
  • Setelah kita sudah bisa masuk ke search consol selanjutnya kita bisa melakukan submit artikel di kolom yang teletak diatas search console, lihat gambar dibawah.

kolom submit artikel

  • Kita pastekan url dari postingan blog kita dan klik enter untuk mulai submit artikel.
  • Maka proses crawling akan berjalan, tunggulah beberapa saat.
  • Jika sudah muncul biasanya artikel kita belum berada di Google, maka kita tekan tombol MINTA PENGINDEKSAN.
  • Tunggu sekitar 2 menit untuk pemrosesan dari Google.
  • Jika sudah selesai maka kita akan mendapatkan gambar centang hijau yang artinya artikel kita sudah berada di Pencarian Google. Lihat Gambar …

artikel sudah di indeks

  • Selanjutnya kita menuju Google untuk mengecek artikel kita dengan melakukan pencarian dengan judul artikel pada artikel kita. Lihat Gambar …

6menit artikel keindeks

  • Bisa terlihat di gambar waktu kita menuliskan artikel, 6 menit yang lalu.
  • Namun sekali lagi untuk muncul di google pencarian paling atas membutuhkan waktu yang tidak sedikit, kita bisa lihat postingan saya berada pada halaman 17.

page google

  • Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas, maka bisa dipastikan artikel kita akan lebih cepat terindeks di google pencarian.

5. Tulis site:blogkamu.com

Untuk sekedar mencari atau mengecek blog kita sudah terindex atau belum kita bisa melakukan pencarian di Google dengan mengetikkan site:blogkamu.com

Maka jika blog kita sudah terindeks akan muncul daftar link postingan yang sudah kita buat.

6. Konsisten Membuat Artikel

Langkah yang kelima adalah kita harus konsisten membuat artikel dan teruslah menulis kemudian submit ke Google Search Console dan menulis lagi submit lagi, seterusnya di 3 bulan pertama dalam kita membangun sebuah blog.

Ohya sedikit rahasia, untuk mendatangkan trafik organik dari Google setidaknya kita memerlukan waktu 3-6 bulan pertama jika kita rajin menulis dan membuat artikel setidaknya 2-3 artikel perhari.

Jadi perlu kesabaran dan kerja keras untuk membuat sebuah blog.

7. Berdo’a

Sebenarnya berdo’a harus kita lakukan sebelumdan sesudah membuat postingan, karena dengan berdo’a maka harapan dan semangat akan muncul dalam diri kita sehingga kita lebih semangat membuat konten dan artikel.

Demikian informasi tentang cara agar blog muncul di pencarian google, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam MediaTulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*