Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Teknik Share yang Benar

MediaTulis.Net – Trafik menjadi  kunci utama dan salah satu kriteria apakah blog tersebut sukses atau tidak.

Untuk mendatangkan trafik memang tidak semudah membuat artikel, kita tinggal ngetik kemudian posting.

Salah satu trafik yang paling tinggi nilainiya adalah trafik organik dari search engine, seperti Google, Bing, Yahoo dll.

Kenapa paling tinggi nilainya?

Karena itu merupakan salah satu kriteria bahwa artikel kita dicari oleh banyak orang dan bermanfaat untuk mereka.

Namun mendatangkan trafik dari search engine bukanlah perkara mudah, mengingat jumlah artikel yang diposting di internet perjamnya bisa sampai 1,5 juta artikel.

Jika blog atau website kita sudah berumur misalnya 1 tahun atau lebih, bahkan mungkin 5 tahun,  itu akan mempermudah google untuk merangking blog kita dan memunculkannya di permukaan search.

Tapi jika blog kita baru dibuat, domain juga masih fresh, backlink juga belum ada maka untuk muncul di pencarian tidaklah mudah.

Kita membutuhkan kerja keras, buat artikel yang berkualitas dan terus semangat serta konsisten membuat konten.

Agar konten kita terlihat di pencarian google page one / paling atas juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi juga tidak bisa dipastikan kapan artikel kita akan muncul di page one.

Ada yang membutuhkan hanya satu minggu, bahkan sampai ada yang bertahun-tahun, baru artikel bisa muncul di pencarian paling atas.

Kita harus bisa memutar otak kita agar blog yang kita buat tidak terlalu sepi, karena blog yang sudah besarpun pasti pernah mengalami blog yang sepi.

Untuk masalah sepinya pengunjung blog, salah satu yang bisa kita lakukan adalah share / berbagi.

Share ke teman, keluarga, sanak famili dan yang paling cepat mendatangkan visitor adalah share ke komunitas yang sesuai dengan artikel blog tersebut.

Oke mari kita bahas tehnik share yang benar agar blog kita bisa mendapatkan visitor.

Tehnik Share yang Efektif agar Menaikkan Trafik Blog

1. Cari Komunitas yang Sesuai

Mengapa komunitas itu penting?

Karena itu adalah langkah awal untuk membuat brand kita menjadi bermanfaat untuk yang lainnya sehingga suatu saat brand kita akan dikenal oleh banyak orang.

Sebelum membuat blog, dari awal seharusnya kita memikirkan secara matang blog apa yang akan kita buat nanti, kita akan bahas apa di dalamnya atau untuk siapa konten tersebut dibuat.

Setelah kita menentukan tema/niche dari blog kita, maka selanjutnya adalah temukan komunitas yang sesuai dengan tema/niche blog kita.

Misalnya kita akan membahas tentang otomotif, maka carilah komunitas otomotif di sosial media manapun, seperti contohnya Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

2. Aktif Berkontribusi di Dalam Komunitas

Jika ada anggota lainnya yang sedang bertanya tentang suatu masalah dalam komunitas tersebut, kita bisa gunakan kesempatan itu untuk membantu dan menjawab pertanyaan itu.

Namun jangan sekali-kali kita melakukan spam di komunitas tersebut, apalagi jika komunitas itu sudah banyak anggotanya, otomatis moderator semakin ketat menjaga postingan yang ada di sana.

Sebaiknya kita tetap menyelesaikan masalah tanpa harus menebar link terlebih dahulu, kemudian jika kita sudah dikenal baru kita bisa untuk share artikel atau postingan blog kita.

Tentu share disini juga tidak asal share, kita lihat kondisi dan kebutuhan di dalam komunitas, jika ada suatu pertanyaan yang belum dipecahkan, kita bisa membuat artikel untuk memecahkan masalah tersebut dan mulailah untuk membagikan artikel yang kita buat tadi.

3. Utamakan Manfaat Konten

Seperti yang saya singgung diatas, kita jangan langsung melakukan share postingan yang sudah kita buat, tanpa melihat situasi dan kondisi di komunitas.

Kita harus jeli dan pandai melihat peluang apakah konten saya nantinya akan bermanfaat atau tidak.

Kalau saya pribadi, pasti tidak senang dengan orang yang suka share artikel secara sembarangan, karena akan menganggu pemandangan kita.

Selain itu, orang-orang di dalam komunitas juga akan merasa akun kita tidak berguna, atau bahkan kita bisa saja diblokir karena kita sering kali membagikan postingan yang tidak dibutuhkan oleh orang lainnya.

4. Manfaatkan Media Sosial Sebaik Mungkin

Sekarang ini media sosial sudah sangat banyak sekali, kalian bisa memanfaatkannya untuk membagikan atau share postingan kita dengan catatan tempat share kita harus sesuai dengan kondisi atau artikel yang akan bagikan.

5. Buatlah Sebanyak Mungkin Artikel

Untuk langkah nomor lima ini bisa kita lakukan apabila kita sudah menguasai kondisi di komunitas kita.

Setelah kita cukup dikenal, maka langkah selanjutnya adalah kita membuat sebanyak mungkin postingan atau artikel yang bermanfaat untuk kita bagikan.

Jika kita belum aktif berkontribusi jangan dulu melakukan hal ini, karena akibatnya akan sangat fatal apalagi jika moderator dan adminnya ketat, kita bisa saja di kick dan tidak bisa kembali lagi di komunitas tersebut.

Semoga bisa bermanfaat dan salam MediaTulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*