Cara Mudah Riset Keyword Gratis

Cara mudah riset keyword gratis – Untuk membuat sebuah artikel atau postingan yang ramah mesin pencari salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan SEO.

Salah satu langkah untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat artikel atau postingan.

Jika kalian mencari cara riset keyword di internet, kalian akan menjumpai  banyak sekali cara untuk melakukannya.

Kemudian kalian akan menemui berbagai tool riset keyword yang beragam, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar.

Beruntungnya kalian menemukan artikel ini, sehingga nantinya kita bisa lebih terarah bagaimana cara memaksimalkan riset keyword walaupun dengan tool gratis sekalipun.

Sebenarnya mulai tahun 2018, Google telah menguprade total ketentuan SEO.

Artinya jika kita masih menggunakan cara lama untuk memaksimalkan SEO dengan menuliskan keyword sekian persen di paragraf pertama dan sekian persen di paragraf kedua, cara ini sudah sangat kuno sekali, dan kalian akan tertinggal jauh dengan pesaing-pesaing baru di pencarian google.

Oke, sebelum kita membahas lebih dalam cara yang baik menuliskan keyword, kita akan belajar lebih dahulu cara riset keyword dengan tool riset keyword gratis.

1. Google Planner

google planner keyword - cara riset keyword

Tools pertama adalah google planner, merupakan tools gratis yang disediakan gratis oleh Google sendiri.

Tools ini tersedia di Google Ads, jadi jika kalian ingin menggunakan tools ini kalian harus membuat akun ads terlebih dahulu di https://ads.google.com.

Kalian tidak perlu melakukan periklanan di google ads, kalian klik saja create account without campaign di bawah menu create campaign jika pertama kali kalian membuat akun ads.

Setelah kalian sudah masuk, cari menu TOOLS & SETTINGS, kemudian cari Keyword Planner.

Di sana kalian bisa masukkan kata kunci awal sesuai dengan niche blog atau artikel yang ingin kalian buat.

Setelah itu klik enter, maka akan keluar berbagai macam keyword turunan atau keyword yang berhubungan dengan keyword kalian.

Silakan pilih dan tulis di notepad, pilihlah beberapa keyword yang berhubungan.

Ambil beberapa saja jika kalian hanya ingin membuat satu artikel, namun kalian juga bisa mendownload keyword tersebut jika ingin mempelajari lebih lanjut dengan klik DOWNLOAD KEYWORD IDEAS di pojok kanan atas.

Untuk pemilihan keyword yang paling bagus adalah volume pencariannya tinggi tapi competitionnya rendah, itu adalah kata kunci yang bisa gunakan untuk mendongkrak blog kita di mesin pencari.

Tapi jika kalian kesulitan menemukan keyword dengan pencarian tinggi dan competition rendah, kalian bisa memanfaatkan long keyword yaitu dengan memadukan berbagai keyword di judul postingan kita.

Contohnya kita menemukan keyword cara membuat bakso ayam, kemudian di bawahnya ada keyword bakso lava, ada juga bakso bakar.

Kita bisa gabungkan keyword tersebut untuk membuat judul, contoh : Cara Membuat Bakso Ayam dan Bakso Bakar.

Untuk judul sendiri, disarankan untuk membuat judul antara 4 – 7 kata.

Karena jika terlalu pendek sainganpun pasti akan lebih banyak, namun jika judul terlalu panjang juga blog kita akan sulit mencari target dari artikel tersebut.

2. Ubersuggest’s

Tool riset keyword gratis kedua adalah ubersuggerst’s.

Kalian bisa langsung menggunakan tools ini tanpa persyaratan apapun, silakan klik https://neilpatel.com/ubersuggest.

Tak jauh berbeda dengan google planner, ubersuggest akan menampilkan pencarian keyword yang berhubungan dengan keyword yang kita masukkan di awal.

Caranya adalah sebagai berikut :

cara riset keyword ubersuggest

Ketikkan keyword kalian di kolom enter a domain or a keyword, kemudian pilih bahasa yang ingin ditampilkan, jika keywordnya bahasa Indonesia, maka pilih saja Indonesia.

Klik Search.

Maka akan tampil volume pencarian, kita pilih menu Keyword Ideas, maka akan muncul berbagai macam keyword dengan berbagai macam penjelasannya di samping keyword tersebut, mulai dari tingkat volume pencarian sampai tingkat kesulitan kompetitor SEO di kolom SD (Search Dificult).

cara riset keyword ubersuggest

Semua kolom mempunyai nilainya masing-masing, jika di kolom SD, semakin tinggi angkanya, maka semakin sulit persaingan di keyword tersebut.

Sekali lagi saya sarankan buat memilih keyword dengan volume pencarian tinggi namun SD yang rendah, karena jika menggunakan keyword tersebut makan blog kita akan punya kesempatan untuk menempati halaman pencarian pertama di Google.

Itulah beberapa tool riset keyword gratis yang bisa kita gunakan secara cuma-cuma dan tentunya akan sangat berguna untuk kita sebelum menulis artikel.

Berikutnya kita akan belajar bagaimana cara merangkai keyword tersebut di dalam artikel agar artikel kita semakin SEO.

Google sekarang sudah punya mesin pencari yang super canggih berbeda dengan Google yang dulu, jika kita dulu menuliskan satu persatu keyword, maka sekarang tidak akan ada gunanya lagi, karena google akan menyortir otomatis kalimat-kalimat yang mempunyai arti yang sama atau sinonim.

Maka satu-satunya cara agar artikel kita mudah dicari adalah kita membuat artikel yang Human Friendly, artinya artikel kita mudah dicerna oleh pembaca.

Dengan begitu, maka mesin pencari google akan lebih sering merekomendasikan artikel kita.

Untuk kalimatnya juga kita tidak perlu terlalu resmi dan sesuai EYD, karena umumnya orang akan lebih rileks membaca tulisan yang biasa dipakai sehari-hari.

Kecuali kita membuat artikel yang isinya adalah sesuatu yang harus menggunakan EYD, contohnya peraturan dan perjanjian atau yang lainnya.

Jika kita sudah merangkai kalimat dari keyword yang kita punya dari riset diatas, maka berikutnya adalah dengan menuliskan artikel minimal 500 kata, hal ini bertujuan agar tulisan kita bisa memuat lebih banyak kata, dan akan memudahkan mesin pencari merekomendasikan tulisan kita.

Langkah terahir adalah cek tulisan kita apakah ada kalimat yang copas atau tidak, kalian bisa cek di https://smallseotools.com/plagiarism-checker

Jika artikel kita 100% Uniq, maka artikel siap kita posting di blog kita.

Salam MediaTulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*